Saat ini kehidupan manusia tidak bisa terlepas dari bantuan teknologi, tak heran bila semakin lama teknologi terus mengalami peningkatan untuk mempermudah manusia dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Perkembangan teknologi ini seperti tidak ada habisnya, karena berbagai inovasi teknologi baru selalu bermunculan. Sebelum berlanjut pada apa saja teknologi yang berkembang saat ini, ada baiknya bila anda mengetahui dahulu apa itu teknologi.

www.pexels.com

Pengertian Teknologi

Teknologi merupakan alat atau sebuah sistem yang memiliki fungsi memberi kemudahan kepada penggunanya. Teknologi sendiri memiliki awal yang terbatas, dimana cakupannya hanya pada benda yang berupa mesin dari gabungan tuas, baut, ataupun katrol. Namun seiring berjalannya waktu, arti teknologi ini sendiri kian meluas dan memiliki arti yang bukan saja pada benda berwujud.

Saat ini teknologi memiliki makna berupa benda yang tak berwujud seperti metode pembelajaran, pertanian, perangkat lunak, atau metode-metode lainnya. Bisa disimpulkan bahwa teknologi merupakan alat, cara, proses, mesin, ataupun kegiatan yang diciptakan untuk mempermudah aktifitas manusia sehari-hari.

Agar anda semakin paham akan teknologi saat ini, berikut ini sejarah perkembangan teknologi dari masa ke masa:

www.pexels.com

Kemajuan Teknologi Selama Ini

Teknologi sudah dikenal dan digunakan manusia sejak beribu tahun yang lalu, dan semakin kesini perkembangan teknologi ini semakin canggih dari sebelumnya. Sejarah perkembangan teknologi ini dimulai dari masa pra sejarah, dimana masa ini merupakan awal pengenalan teknologi.

  1. Masa pra sejarah

Di masa ini teknologi yang digunakan masih berupa batu, besi, dan juga perunggu. Teknologi dalam masa ini masih berupa alat untuk memudahkan manusia dalam berburu atau beraktifitas sehari-hari, seperti alat kapak, pedang, atau sebuah wadah.

  1. Teknologi di jaman kuno

Di jaman ini, teknologi mulai berkembang di bagian kontruksi, pertanian, maritim, hingga alat tulis menulis. Di jaman ini manusia mulai mengembangkan teknologi dalam pembuatan kontruksi yang rumit, seperti jam matahari, pyramid, kapan, hingga mercusuar.

  1. Teknologi pada abad pertengahan hingga modern

Pada era ini, teknologi mulai memiliki arti yang lebih luas seperti bidang astronomi, medis, militer, matematika, dan ilmu kartografi. Ditambah pada era ini, sudah mulai ditemukan busur silang, mesin cetak, hingga aljabar serta navigasi kapal.

  1. Perkembangan teknologi era revolusi industri

Ini merupakan eranya yang amat jelas terlihat perkembangannya, dimana berbagai jenis mesin berhasil diciptakan untuk menggantikan tenaga manusia. Kala ini merupakan cikal bakal pesatnya perkembangan dunia teknologi, karena pada masa ini mulai diciptakannya mobil, telegrap, telepon, mesin uap, mesin tenun dan juga sepeda.

www.pexels.com
  1. Teknologi di abad 20-an

Di masa ini, neil amstrong telah berhasil mendaratkan dirinya ke bulan. Ini menunjukkan bahwa teknologi sangat pesat mengalami perkembangan, dan teknologi lain pun mulai berkembang di bidang militer, seperti bom atom. Pada masa ini juga mulai ditemukannya transistor sebagai asal mulanya komputer hingga saat ini, dan abad ini internet juga mulai disebar luaskan untuk konsumsi umum.

Ada banyak teknologi yang berhasil diciptakan di masa ini, meliputi kulkas, teknologi vaksinasi, vakum, hingga microwave.

  1. Teknologi di abad 21-an

Di masa 21-an ini teknologi lebih terlihat berkembang di bagian lain, seperti untuk kebutuhan rumah tangga, pendidikan, sosial, teknologi informasi, hingga berbagai hal lainnya.

Macam-macam Teknologi

Teknologi sendiri memiliki cakupan yang luas, dimana cakupan ini bukan saja terpaku pada sebuah mesin ataupun alat elektronik. Inilah jenis teknologi yang bisa dijabarkan, dimana hal ini sudah berhasil Nesaba media rangkum untuk memudahkan anda dalam mengetahui macam jenis pengelompokannya.

  1. Teknologi bidang ekonomi

Perkembangan yang terjadi pada hal ini terlihat dari sistem keuangan yang dipergunakan, dimana hal ini berkembang dari yang dulunya orang membeli haruslah menemui penjualnya. Saat ini anda bisa melakukan transaksi tanpa harus menemui penjualnya, atau lebih mudahnya disebut transaksi online. Dengan adanya perkembangan di bidang jual beli, maka mata uang yang digunakan saat ini bukan uang saja, melainkan e-money sebagai mata uang online.

  1. Teknologi pangan

Utamanya dalam hal ini adalah di bagian pertanian, dimana dulunya petani menggunakan alat tradisional untuk melakukan aktifitas pertanian. Saat ini para petani sudah dimudahkan dengan adanya berbagai mesin yang memudahkan pekerjaan, selain itu tenaga manusia yang digunakan juga semakin berkurang. Para petani bisa melakukan semua hal dengan semakin mudah meskipun tidak ada bantuan dari orang lain, ntah itu dari pembibitan, penanaman, ataupun pemanenan bisa menggunakan teknologi mesin.

  1. Teknologi informasi

Perkembangan teknologi ini ditandai dengan kemudahan dalam mendapatkan informasi, dimana masyarakat bisa memanfaatkan internet untuk berbagi ataupun mengunduh informasi. Tentu anda membutuhkan alat yang bisa anda gunakan untuk mengakses informasi melalui internet ini, seperti laptop, PC, ataupun handphone.

www.pexels.com
  1. Teknologi komunikasi

Sudah jelas terlihat perkembangan ini, dimana anda dulunya perlu mengirim surat untuk bisa menyampaikan pesan anda kepada orang lain. Namun saat ini hal itu dipermudah dengan adanya handphone atau telepon, anda bisa menghubungi orang secara real time dengan memanfaatkan teknologi ini.

  1. Teknologi transportasi

Perkembangan teknologi ini begitu besar manfaat yang dirasakan, dimana anda bisa bepergian dalam waktu yang lebih singkat ketimbang harus berjalan kaki. Selain itu anda juga bisa dengan mudah mengangkut barang-barang berat anda, anda bisa memanfaatkan seperti mobil, motor, atau alat transportasi lain untuk memudahkan pekerjaan anda.

  1. Teknologi medis

Bukan hanya dari teknologi mesinnya saja yang berkembang, melainkan dalam dunia medis sudah berhasil ditemukan berbagai vaksin untuk mencegah penyebaran penyakit berbahaya. Semakin maju hal itu maka semakin besar kemungkinan orang yang sakit bisa disembuhkan, karena orang yang berada dalam bidang ini diharuskan untuk memperbaharui ilmunya.

  1. Teknologi pendidikan

Salah satu hal yang paling berkembang dalam dunia pendidikan adalah sistem pendidikannya, mulai dari pendidikan yang mudah dipahami, murid yang kian mudah menangkap pelajaran yang diberikan, hingga berbagai metode pembelajaran yang terus berkembang.

www.pexels.com

Beberapa Contoh Perkembangan Teknologi Terbaru

Sudah pasti setiap tahun akan selalu muncul teknologi terbaru untuk memaksimalkan teknologi yang sebelumnya, dan hal ini tidak bisa disangkal lagi. Adapun teknologi terbaru yang berhasil diciptakan guna memudahkan penggunanya antara lain:

  1. Kecerdasan buatan atau Artifical Intelligence (AI)

Kecendasan buatan ini diciptakan guna meningkatkan pengambilan keputusan suatu perusahaan, pengalaman yang dirasakan pelanggan, hingga menemukan jenis bisnis lain yang bisa menjadi bagus dimasa mendatang. Diperkirakan hal ini terus dikembangkan, sehingga kemungkinan akan menjadi robot yang mandiri dengan kecerdasan yang dibuat.

  1. Smart Aplication dan juga analisa

Perkembangan teknologi ini masih ada sangkut pautnya dengan sistem AI, dimana aplikasi ini bisa ditanamkan dalam device seperti smartphone, laptop, ataupun beragam wearable device. Dengan semua perkembangan ini, tentu aplikasi ini akan menjadi bagian dalam hidup kita. Sudah pasti bahwa kultur kantor ataupun pekerjaan sehari-hari akan ikut berubah, bersamaan dengan perkembangan dari teknologi ini.

  1. Perangkat pintar

Saat ini sudah banyak sekali perangkat pintar yang bisa anda temukan, mulai dari speaker, drone, mobil tanpa awak, hingga smart TV. Ini merupakan contoh dari perkembangan teknologi pada perangkat pintar, masih juga perangkat ini memanfaatkan kecerdasan buatan untuk mengoprasikannya. Diperkirakan tahun 2019 nanti, perangkat pintar akan terlihat kian populer dan dipergunakan sehari-hari.

  1. Panduan Komputasi (Cloud Edge)

Diperkirakan hingga 2020 nanti, akan ada banyak sekali perangkat teknoogi yang terhubung dalam jaringan internet. Saat ini masih banyak komputasi cloud yang masih dipergunakan, dimana cloud ini sudah tidak bisa lagi menampung paket data yang terus bertambah. Utamanya dalam hal kemacetan, kemanan, kapasitas, jaringan, hingga manajemen datanya. Karena adanya masalah ini, maka computing cloud edge diciptakan.

Dengan adanya computing cloud edge ini, pengguna akan menjadi lebih aman dari kebocoran informasi yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu.

www.pexels.com
  1. Admin virtual

Pernahkah anda merasakan, ketika menelepon call center yang 24 jam service tidak mengangkat telefon anda? dan masalah seperti ini akan menjadi beban perusahaan karena harus menerima banyak kritikan, dari masalah itu saat ini sudah ditemukan solusinya. Alat ini diberi nama admin virtual, dimana admin virtual ini akan menjawab semua keluhan anda dengan basis AI. Artinya kapanpun anda membutuhkan bantuan maka akan segera solusi bisa anda temui, pastinya teknologi ini membuat pekerjaan menjadi lebih efisien dan mudah.

Kemungkinan teknologi ini bila terus dikembangkan, bukan tidak mungkin admin virtual ini akan menjadi sebuah avatar yang bisa anda ajak komunikasi langsung.

  1. Penentu keputusan usaha

Diyakini bahwa hal yang diputuskan oleh teknologi berbasis AI lebih akurat, karena teknologi ini akan berpegang dengan analisa yang dilakukannya dalam menghitung presentase kesuksesan dari pilihan keputusan yang diajukan.

  1. Blockchain technology

Blockchain ini merupakan alat untuk mencatat berbagai transaksi dalam jaringan bitcoin, diperkirakan tahun 2018 ini blockchain akan digunakan untuk mencakup database, keamanan, analisa, manajemen moneter hingga identitas. Hanya saja ada kendala dalam penggunaan teknologi ini, dimana legalitas yang dimilikinya masih belum jelas.

  1. Keamanan denga basis kecerdasan buatan

Perkembangan teknologi yang berbasis kecerdasan buatan atau AI ini juga harus diimbangi keamanan di dunia nyata, karena bila kedua keamanan ini tidak seimbang bisa saja ini akan menjadi masalah fatal dikemudian hari. Teknologi CARTA ( Continous Adaptive Risk and Trust Assasment ) ini memiliki kemampuan seperti, memantau dan menganalisa suatu keamanan dalam waktu yang sangat singkat. Bahkan kecepatan analisa yang dimilikinya ini hanya membutuhkan waktu sepersekian detik, sebelum sebuah serangan akan terjadi.

  1. Virtual Reality yang digabungkan dengan Augmented Reality

Teknologi ini sudah berkembang dan populer sejak awal 2017 lalu, dimana teknologi ini dikembangkan dalam bidang game dan juga live streaming. Benar saja teknologi ini booming di tahun 2018 ini, dan kemungkinan teknologi ini terus dikembangkan hingga dalam bentuk yang lebih simpel dan stylist.

Itulah penjelasan mengenai perkembangan teknologi yang terjadi di seluruh dunia, tentunya kita sebagai pengguna haruslah bijak dalam memanfaatkannya. Semakin maju teknologi, tentunya semakin mudah pekerjaan yang kita lakukan. Semoga artikel diatas bisa menjadikan manfaat untuk anda, dan trimakasih karena sudah membaca artikel ini hingga tuntas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *