Dalam dunia bisnis, apakah itu dalam bentuk offline atau dunia  nyata maupun dunia online atau dunia maya, penting adanya memahami pengertian pemasaran. Hal ini diyakini akan berpengaruh kepada pemahaman tentang peluang dan goal dari berjualan. Dalam dunia yang sarat dengan persaingan ini, mereka yang tidak bijak dalam memahami ini kerap tertinggal jauh bahkan riskan tidak bisa bersaing sama sekali. Hal ini menarik sekali dipelajari khususnya bagi Anda yang ingin mencoba peruntungan dalam dunia usaha.

Contoh teman saya, sebutlah namanya sifulan, dia sangat pintar dalam dunia akademik bahkan menyabet beberapa perhargaan dalam karya tulis tertentu. Hingga suatu hari dia memutuskan untuk terjun dalam dunia bisnis. Alhasil, dia memutuskan untuk berjualan produk konveksi yang mana ia hanya mampu bertahan dalam hitungan minggu. Selidik punya selidik, meski mahir sekali dalam dunia akademik, tapi dalam pengertiaan pemasaran, ia sangat nihil. Berbeda dengan teman saya yang yang satu lagi, sebutlah ia bernama si dolan, meski hanya tamatan SD, ia mampu bersaing dengan beberapa pengusaha kelas menengah yang mana modal dari si dolan ini adalah bisa memahami dengan baik pengertian pemasaran.

Melihat kenyataan dua teman saya ini, saya kemudian, mengambil suatu kesimpulan, bahwa sangat penting sekali kiranya, memahami pengertian pemasaran ini. Dan hal ini menjadi niat tulus saya, setelah saya mencoba berbagai usaha yang tengah saya jalani.

www.pexels.com

Mengintip Pengertian Pemasaran

Baiklah, saya akan memberikan beberapa hal terkait tema ini yang saya yakini bisa memberikan manfaat bagi pembaca semua yaitu pengertian pemasaran. Untuk masalah pengertian ini saya akan memulai dengan beberapa pakar marketing. Pakar marketing yang saya rujuk ini telah aral melintang dalam dunia pemarasan. Sehingga pendapat mereka ini bisa dijadikan pegangan untuk menyusun kerangka pemasaran yang relevan dengan kebutuhan zaman.

  1. Pengertian Pemasaran Menurut Majaro

Pengertian pemasaran yang pertama yaitu dari pakar marketing yang bernama Majaro. Menurut Majaro, Pengertian Pemasaran adalah suatu fungsi manajemen yang bertanggung jawab untuk mengeditifikasi bagaimana memuaskan kebutuhan pelanggan dan menghasilkan kemampuan untuk menghasilkan keuntungan untuk organisasi.

  1. Pengertian Pemasaran menurut Kotler

Pengertian pemasaran berikutnya yaitu pengertian menurut Kotler. Menurut pakar marketing yang satu ini, pemasaran adalah seni sekaligus ilmu pengetahuan di dalam menentukan target pasar serta mencari pelanggan, mempertahankan dan menambahnya dengan cara menciptakan, mengkomunikasikan serta memberikan nilai superior dari pelanggan.

Selain pengertian pemasaran dari dua pakar diatas, penting juga saya kutip pengertian pemasaran dari American Marketing Association. Adapun pengertian pemasaran Menurut American Marketing Association, yaitu suatu proses perencanaan dan pelaksanaan dari suatu konsep, penentuan harga, pendestribusian ide dan promosi, baik terhadap barang maupun jasa untuk menciptakan suatu pertukaran yang memuaskan individu dan tujuan dari suatu organisasi.

Jadi, berdasarkan paparan pemasaran di atas yaitu tentang pengertian pemasaran dari dua pakar dan American Marketing Association, dapat kita tarik kesimpulan bahwa Pengertian Pemasaran adalah suatu fungsi bisnis yang mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan dan keinginan-keinginan yang belum terpenuhi dari pelanggan, mengukur daya tarik dan potensi mereka dalam memperoleh profit. Menentukan target pasar yang mana organisasinya akan dapat memberikan pelayanan paling prima, menentukan produk, jasa dan program pelayanan yang sesuai pada segmen yang telah dipilih tersebut, kemudian mengajak seluruh anggota organisasi untuk memperdulikan dan melayani pelanggan.

Selain itu, Pemasaran bisa juga dimaknai sebagai suatu aktivitas organisasi modern untuk bertahan dan sukses dalam bisnis. Organisasi harus tahu pasarnya, menarik sumber daya, mengubah sumber daya tersebut menjadi produk dan jasa, ide yang sesuai dengan cara efektif keberbagai masyarakat yang membutuhkannya. Singkatnya organisasi modern menekankan pada mekanisme pertukaran, melalui penawaran produk atau jasa untuk mencapai tujuan mereka.

Lebih jauh, pemasaran merupakan suatu kegiatan analisis, perencanaan, penawaran produk atau jasa dan pengendalian program-program yang diformulasikan dengan ketelitian untuk menghasilkan pertukaran nilai-nilai secara sukarela dengan target pasar yang dimaksudkan untuk mencapai tujuan organisasi. Pemasaran menekankan sepenuhnya pada penyusunan penawaran organiasi dalam konteks kebutuhan dan keinginan target pasar dan penggunaan harga secara efektif, komunikasi dan distribusi untuk menginformasikan, memotivasi dan melayani pasar.

Dalam disiplin ilmu lain yaitu, dalam ilmu sosial terdapat beberapa pengertian dan tujuan pemasaran, di antaranya tujuan pemasaran sebagai usaha kegiatan bisnis yang mengarahkan arus barang atau jasa dari produsen ke konsumen. Dengan demikian tujuan pemasaran yaitu untuk membeli produk atau jasa agar konsumen lebih mengenal, sehingga menjadi tertarik dan membeli produk atau jasa tersebut. Dengan demikian esensi pemasaran dalam ilmu sosial yaitu kegiatan tukar menukar yang saling memuaskan antara kedua belah pihak, baik itu produsen maupun konsumen.

www.pexels.com

Jenis-jenis Pemasaran

Setelah Anda memahami dengan baik pengertian pemsaran, selanjutnya sangat penting mengetahui akan jenis jenis pemasaran. Dalam literature yang saya baca, saya mengambil satu rujukan tentang jenis-jenis pemsaran yaitu Supriyanto. Menurut pakar yang satu ini, setidaknya jenis-jenis pemasaran meliputi: pemasaran eksternal, pemasaran internal dan pemasaran interaktif.

  1. Jenis Pemasran Internal

Jenis yang pertama menurut Supriyanto adalah pemasaran internal yang mana jenis ini merupakan salah satu dari jenis jenis pemasaran yang patut dicoba. Pada dasarnya karyawan adalah pelanggan pertama dari suatu bisnis atau perusahaan. Bagaimana suatu perusahaan harus memuaskan karyawan, memperhatikan kebutuhan, keinginan serta harapan, demikian juga mengenai kesejahteraan karyawan. Semua tersebut merupakan hak yang harus dipenuhi oleh suatu perusahaan. Karena itu kewajiban perusahaan harus memperhatikan kesejahteraan karyawan seperti gaji, tunjangan hari tua, pengembangan karir, asuransi dan lain-lain. Di lain pihak harus memasarkan perusahaan tersebut, termasuk sumber daya perusahaan dan brand image (citra merek).

  1. Jenis Pemasaran Eksternal

Jenis yang keduaa menurut Supriyanto adalah pemasaran eksternal. Adapun pemasaran eksternal merupakan salah satu dari jenis jenis pemasaran yang tidak kalah pentingnya. Pemasaran eksternal menjadi tugas dari manager dan organisasi pemasaran perusahaan. Dalam memahami kebutuhan dan harapan pasar, upaya menciptakan produk atau jasa pelayanan, serta mengupayakan terjadinya transaksi yang saling menguntungkan kedua belah pihak.

  1. Jenis Pemasaran Interaktif

Jenis pemasran dalm memahai pengertian pemasaran secara utuh yaitu jenis pemasaran interaktif. Pemasaran Interaktif merupakan salah satu dari jenis jenis pemasaran yang sangat relevan dalam dunia digital ini. Kemampuan karyawan untuk berinteraksi dengan pelanggan mengharuskan setiap karyawan memiliki keterampilan dan profesional dalam malayani pelanggan. Untuk memuaskan kebutuhan dan harapan pelanggan, karyawan harus selalu kelihatan menarik, murah senyum, mau mendengarkan keluhan, siap bila diperlukan, hormat, sabar, jujur dan bisa dipercaya. Selain itu, bisa juga ditambahkan dengan sewa Videotron.

www.pexels.com

Tujuan dan Fungsi Pemasaran

Selanjutnya, setelah memahami pengertian pemasaran menurut pakar, jenis-jenis pemasaran, maka kita akan lanjutkan dengan memahami tujuan dan fungsi dari pemasaran. Adapun tujuan dan fungsi dari pemasaran secara umum, sebagai berikut.

  1. Kebutuhan

Tujuan dan fungsi memahami pengertian pemasaran yang pertama adalah untuk memahami dengan baik tentang tata cara memenuhi kebutuhan pelanggan. Kebutuhan adalah sesuatu yang sifatnya mendasar yang diperlukan untuk memenuhi masalah manusia. Karena kebutuhan adalah sesuatu yang wajib adanya, misalnya kebutuhan makanan, minum, pakaian, rumah dan pendidikan.

  1. Keinginan

Tujuan dan fungsi memahami pengertian pemasaran yang kedua yaitu keinginan. Hal ini dimaksudkan bahwa dengan memahami pengertian pemasaran tentang makna keinginan, maka hal ini bisa berguna untuk memahami dan memenuhi keinginan pelanggan. Kebutuhan yang telah menjadi dorongan untuk diselesaikan (hasrat untuk memenuhi kebutuhan) ketika mereka diarahkan kepada tujuan atau objek tertentu yang spesifik, yang memungkinkan memuaskan kebutuhan. Orang sakit ingin berobat modern, maka ia akan berobat ke rumah sakit, puskemas atau klinik.

  1. Harapan

Tujuan dan fungsi memahami pengertian pemasaran yang ketiga yaitu tentang Harapan. Hal ini dimaksudkan disini adalah untuk memahami dengan baik bagaimana cara memenuhi harapan pelanggan. Harapan adalah keinginan akan produk atau jasa tertentu yang bersifat individual dengan memperhatikan bagaimana cara memenuhi kebutuhan dan keinginan. Misalnya, berobat ke rumah sakit, dengan pelayanan dokter yang terampil dan cepat serta ramah (harapan). Faktor psikografi (selera, gaya hidup, persepsi terhadap tempat pelayanan) ikut menentukan harapan seseorang.

www.pexels.com

Nah, demikianlah ulasan saya tentang pengertian pemasaran, jenis-jenis dan tujuan pemasaran. Jika Anda bisa mencerna dengan baik, saya yakin telah menapaki jalan yang benar dalam menggapai sukses dalam dunia bisnis. Atau Anda bisa juga memanfaat sewa Videotron.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *