Kutu merupakan salah satu parasite yang membuat kulit kepala menjadi gatal dan rambut cepat rontok. Kepala yang memiliki kutu memang tidak nyaman. Pasalnya, selain rasa gatal yang tidak tertahankan, kutu pada rambut bisa membuat kulit kepala menjadi terluka. Kutu akan menggigit kulit kepala sehingga kepala menjadi infeksi. Ada banyak sekali penyebab kutu bisa bersarang dirambut. Mulai dari yang disebabkan oleh kontak langsung dengan orang yang memiliki kutu hingg kontak tak langsung. Mendeteksi kepala yang memiliki kutu memang gampang-gampang susah. Kutu juga tidak hanya hinggap di bagian kepala saja. Ada beberapa kutu yang hinggap di daerah-daerah tertentu pada tubuh. Beberapa cara berikut ini bisa menjadi salah satu cara untuk mendeteksi apakah orang tersebut atau Anda sendiri memiliki kutu ataupun tidak.

Cara Mengetahui Kutu Pada Rambut

Terdapat banyak sekali cara untuk mengetahui adanya kutu rambut Anda ataupun pada seseorang. Salah satu cara untuk mengetahui adanya kutuu pada rambut yaitu dengan mengetahui gejala-gejalanya. Gejala atau tanda-tanda berikut ini adalah tanda-tanda adanya kutu yang menghinggapi kepala Anda.

  • Merasakan Gatal Pada Bagian Kepala

Orang yang memiliki kutu pada kepalanya biasanya akan merasakan gatal yang luar biasa. Kepala dan rambut merupakan salah satu sarang kesukaan kutu sehingga orang yang memiliki kutu pada kepalanya akan merasakan gejala yang sama. Tak hanya itu, kutu senang sekali menghinggap di rambut sehingga akan sangat sulit untuk dilihat dan di deteksi tanpa bantuan orang lain. Rasa gatal yang dirasakan juga biasanya bergerak dan tidak hanya di satu titik saja. Sehingga jika rasa gatal yang dirasakan menjalar hingga ke seluruh kepala menandakan bahwa terdapat kutu di kepala Anda.

  • Ruam Pada Kulit Kepala hingga Leher

Selain terdapat rasa gatal, tak jarang kepala seseorang yang terdapat kutu ditemukan ruam-ruam pada bagian kulit kepala hingga ke leher. Pasalnya, kutu pada rambut tidak hanya hinggap di kepala saja. Kutu akan menggigiti kulit kepala hingga ke bagian leher sehingga menyebabkan ruam-ruam. Sehingga tak jarang orang-orang yang memiliki kutu akan mengalami dermatitis atau gatal, kemerahan hingga pembengkakan pada bagain kulit kepala hingga bagian leher. Ruam-ruam ini juga akan terasa tidak nyaman dan menyebabkan kulit kepala hinggga kulit bagian leher menjadi terlihat kemerahan. Bahkan, pada beberapa kasus orang-orang dengan kutu yang cukup banyak bisa menyebabkan rasa nyeri pada kulit kepalanya.

www.pexels.com
  • Terdapat Telur Kutu pada Rambut

Selain merasakan gejala-gejala diatas, beberapa orang yang terdapat kutu pada rambutnya yaitu memiliki telur kutu yang terlihat pada rambut. Telur kutu di rambut memang bisa terlihat dengan mudah. Telur kutu sangat terlihat jelas pasa rambut. Meskipun berukuran kecil dan sering disangka ketombe, namun terlur kutu tidak mudah dihilangkan meskipun menggunakan sisir. Kutu pada kepala juga berukuran cukup kecil serta berwarna gelap sehingga kutu sangat sulit untuk dilihat. Kutu yang sudah berukuran dewasa juga memiliki ukuran yang sangat kecil. Ukuran kutu dewasa hanya sebesar biji wijen sehingga akan sangat sulit untuk ditemukan.

Setelah mengetahui gejala-gejala adanya kutu pada rambut, lantas hal apa yang harus dilakukan selanjutnya? Langkah selanjutnya setelah mengetahui Anda memiliki kutu pada rambut yaitu memeriksakannya ke dokter. Memeriksakan diri ke dokter sangat penting. Hal ini dilakukan saat terjadi ruam atau dermatitis yang lebih parah. Selain itu, Anda juga harus mengetahui apa sajakah penyebab seseorang bisa terkena kutu pada rambut. Berikut ini adalah hal-hal yang menyebabkan kutu bisa bersarang di rambut seseorang.

Penyebab Kutu Pada Rambut

  • Kontak Langsung

Salah satu penyebab seseorang bisa terkena kutu pada rambutnya yaitu akibat kontak langsung. Kontak langsung ini sangat mungkin terjadi dan memiliki andil yang sangat besar seseorang bisa terkena kutu pada rambutnya. Kontak langsung ini bisa melalui siapa saja. Mulai dari keluarga, teman hingga anak-anak. Contoh dari kontak langsung yaitu dengan tidur bersama-sama sehingga kontak langsung antara kepala dan kepala dalam jarak yang cukup dekat. Selain itu, contoh lainnya yaitu saat badan terkena badan. Kutu memang tidak bisa dirasakan sehari atau dua hari setelah kontak langsung. Telur kutu akan menetas dalam kurun waktu kurang lebih 1 hingga 2 minggu. Sehingga biasanya setelah waktu tersebut, Anda akan merasakan gejala-gejala adanya kutu pada rambut Anda.

  • Kontak Secara Tidak Langsung

Penyebab lainnya mengapa seseorang bisa memiliki kutu pada rambutnya yaitu dengan kontak secara tidak langsung. Kontak secara tidak langsung bisa juga menyebabkan seseorang menularkan kutu. Contoh kontak secara tidak langsung yaitu dengan menggunakan barang-barang tertentu bersama-sama. Misalnya saja dengan meminjam kerudung, mukena, helm, pakaian bahkan sisir dari si penderita bisa menularkan telur kutu maupun kutu-kutu ke kepala Anda. Kontak secara tidak langsung juga bisa terjadi akibat menggunakan barang yang sudah terkontaminasi. Selain menggunakan benda-beda seperti helm, topi, mukena hingga sisir, menggunakan sofa dan tempat duduk maupun tempat tidur yang pernah digunakan oleh si penderita juga bisa menularkan kutu pada rambut. Salah satu cara untuk mengurangi adanya penularan kutu yaitu dengan menghindari kontak secara langsung maupun tidak langsung dengan si penderita.

  • Berhubungan Seksual

Perlu diketahui bahwa kutu tidak hanya ada pada kulit atau rambut kepala saja. Rambut pada kemaluan juga bisa terdapat kutu. Penularan kutu pada kemaluan bisa terjadi akibat bersenggama dengan si penderita. Kutu bisa berpindah secara cepat pada kemaluan seseorang akibat berhubungan seksual dengan si penderita. Kutu pada kemaluan juga bisa membuat seseorang merasa risih dan tidak nyaman.

  • Hidup Kurang Rapi dan Bersih

Menjaga kebersihan dan kerapihan lingkungan atau tempat tinggal merupakan salah satu hal yang sangat penting. Hal ini dilakukan selain mengurangi adanya kuman serta penyakit juga mengurangi adanya kutu pada tempat-tempat yang kurang bersih. Penyebab adanya kutu pada kepala juga bisa disebabkan oleh lingkungan seseorang yang kurang rapi. Misalnya, seseorang senang menyimpan benda-benda seperti pakaian dalam satu tempat tanpa dibereskan atau masih dalam keadaan berantakan. Hal ini juga bisa membuat kutu bersarang pada tempat-tempat yang kurang rapi. Sehingga merapikan dan membersihkan tempat tinggal Anda sangatlah penting.

www.pexels.com

Cara Menghilangkan Kutu Rambut secara Ampuh

Memiliki kutu yang bersarang di kepala dan rambut memang tidak menyenangkan. Hal ini selain bisa membuat seseorang merasa risih, rasa gatal yang diakibatkan oleh kutu juga cukup mengganggu. Sehingga kutu pada rambut perlu dibasmi hingga tuntas. Ada banyak sekali cara untuk menghilangkan kutu pada rambut. Cara-cara berikut ini bisa Anda lakukan untuk menghilangkan kutu yang bersarang pada rambut dan kepala Anda secara ampuh dan membersihkan secara tuntas.

  • Menggunakan Sisir Serit

Cara pertama untuk menghilangkan kutu yaitu dengan menggunakan sisir serit. Sisir serit merupakan salah satu jenis sisir yang memiliki gigi cukup rapat. Sisir serit biasanya memiliki kerapatan gigi 0,2 mm sehingga bisa menghilangkan kutu secara menyeluruh. Selain itu, alat yang satu ini juga sangat efektif untuk menghilangkan telur kutu yang menempel pada rambut. Mendapatkan sisir serit juga bisa ditemukan di beberapa tempat atau toko-toko yang menjual aneka macam kosmetik. Cara menggunakan sisir serit untuk menghilangkan kutu pada kepala secara efektif yaitu dengan membasahi rambut Anda terlebih dahulu. Setelah membasahi rambut, Anda bisa menyisir rambut secara perlahan. Menyisir rambut menggunakan sisir serit pada rambut yang basah akan lebih mudah dibandingkan saat rambut dalam keadaan kering. Pasalnya, rambut yang basah bisa membuat gerakan kutu pada kepala menjadi lebih lambat. Tak hanya itu saja, kutu pada rambut juga bisa terlihat dengan jelas saat rambut Anda dalam keadaan basah. Lakukan gerakan menyisir rambut secara perlahan untuk menghilangkan kutu pada kepala. Anda bisa menyisir rambut Anda setidaknya dua kali sehari sehingga kulit kepala Anda terbebas dari kutu.

  • Menggunakan Cuka

Selain menggunakan sisir serit, cara kedua untuk menghilangkan kutu pada kepala yaitu dengan menggunakan cuka. Anda bisa menggunakan cuka dapur maupun cuka apel untuk menghilangkan kutu pada rambut. Cara menggunakan cuka untuk menghilangkan kutu juga sangatlah mudah. Anda bisa menggunakan 2 sendok makan cuka yang ditambahkan dengan 2 sendok makan minyak kelapa. Cuka apel atau cuka dapur yang sudah ditambahkan minyak kelapa tersebut dioleskan pada rambut dan kulit kepala. Gunakan campuran cuka dan minyak kelapa secara rutin sebelum tidur. Setelah itu, Anda bisa tutup menggunakan shower cap supaya tidur lebih nyaman. Setelah di diamkan selama semalaman, Anda bisa membersihkan rambut dan kulit kepala Anda menggunakan shampoo. Cara ini terbilang cukup efektif karena sifat cuka yang asam bisa membasmi dan mematikan kutu beserta telur kutu secara efektif.

  • Menggunakan Lemon

Selain menggunakan cuka, salah satu cara menghilangkan kutu pada rambut yang cukup efektif yaitu dengan menggunakan lemon. Cara kerja lemon juga hampir sama dengan cara kerja cuka. Pasalnya, lemon juga memiliki zat asam yang cukup tinggi sehingga bisa membunuh kutu dan telur kutu pada rambut secara efektif. Kandungan asam pada lemon lebih tinggi dibandingkan kandungan asam pada cuka. Untuk mengurangi tingkat keasaman tersebut, Anda bisa menambahkan air pada jeruk lemon. Zat asam memang sangat terbukti secara ampuh untuk menghilangkan kutu pada rambut dan kulit kepala. Anda bisa menambahkan air perasan jeruk lemon dan air kemudian dioleskan pada rambut. Setelah itu, Anda bisa memijat kepala Anda selama kurang lebih 5 menit. Setelah dipijit, diamkan selama 30 hingga 40 menit. Setelah sudah selesai, Anda bisa membilas rambut Anda menggunakan air hangat.

www.pexels.com
  • Mayonnaise

Siapa bilang menghilangkan kutu dan telur kutu sangat susah? Anda bisa memanfaatkan bumbu dapur atau saus pelengkap seperti mayonnaise untuk menghilangkan kutu pada rambut. Saus mayonnaise bisa Anda oleskan pada rambut dan kulit kepala kemudian dipijit secara perlahan supaya meresap dan merata. Setelah itu, tutup menggunakan shower cap dan di diamkan selama kurang lebih 5 jam. Anda bisa menggunakan cara ini untuk menghilangkan kutu sebelum tidur. Selain lebih mudah, cara ini juga cukup murah. Anda bisa mendapatkan bahan-bahan untuk menghilangkan kutu pada kepala dengan mudah. Setelah di diamkan, cucilah rambut Anda menggunakan shampoo yang kemudian di sisir menggunakan sisisr serit. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan kutu maupun telur kutu secara menyeluruh serta memastikan kulit kepala sudah cukup bersih. Guna mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa menggunakan cara ini dengan mudah dan secara teratur.

  • Alkohol

Selain menggunakan mayonnaise dan bahan-bahan yang memiliki tingkat keasaman cukup tinggi seperti cuka dan lemon, cara lainnya yaitu menggunakan alcohol. Cara ini memang cukup ekstrim dan harus dilakuakn secara hati-hati. Anda bisa menggunakan alcohol dengan kadar 70% dan mengoleskannya pada kulit kepala. Setelah dioleskan, Anda bisa mendiamkan rambut Anda selama 30 menit. Setelah 30 menit, sisirlah rambut Anda untuk membersihkan kutu dan telurnya. Setelah dipastikan benar-benar bersih, Anda bisa mengeramasi rambut Anda menggunakan air dingin. Cara ini cukup ekstrim dan membutuhkan bantuan dari orang lain. Cara menghilangkan kutu menggunakan alcohol juga cukup berbahaya. Sehingga, pastikan Anda menggunakannya dengan benar. Sebelum menggunakan alcohol, pastikan Anda sudah melakukan tes dengan mengoleskan alcohol pada belakang telinga. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya iritasi pada bagian kulit kepala. Alcohol 70% juga cukup keras sehingga Anda bisa menggunakan cara ini sekali dalam seminggu.

  • Menggunakan Caboki

Selain menggunakan cara-cara diatas, salah satu cara untuk menghilangkan kutu pada rambut yaitu menggunakan shampoo caboki. Shampoo yang satu ini bisa digunakan oleh siapa saja dan cukup efektif untuk menghilangkan kutu pada rambut. Tak hanya ampuh dalam menghilangkan kutu saja, menggunakan shampoo yang satu ini juga bisa mengembalikan kulit kepala yang iritasi akibat kutu juga bisa menumbuhkan rambut secara cepat. Pasalnya, saat Anda memiliki kutu, tak hanya kulit kepala yang mengalami iritasi dan ruam saja. Kutu juga bisa menyebabkan rambut menjadi mudah rontok karena adanya telur kutu yang menempel pada bagian rambut. Shampoo yang satu ini juga bisa digunakan secara terus menerus karena terbuat dari bahan-bahan yang alami sehingga sangat aman untuk digunakan.

www.pexels.com
  • Menggunakan Minyak Kelapa

Minyak kelapa selain bisa digunakan sebagai pelembut pada rambut, minyak ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan kutu pada rambut secara ampuh. Minyak kelapa dipercaya memiliki kandungan vitamin E yang cukup tinggi sehingga selain bisa membuat rambut Anda menjadi lebih lembut dan panjang, Minyak ini juga bisa menutrisi kulit kepala menjadi lebih baik. Cara menggunakan minyak kelapa untuk menghilangkan kutu-kutu pada kepala yaitu dengan mengoleskannya secara langsung pada kulit kepala. Setelah sudah dioleskan, diamkan hingga keesokan paginya. Waktu yang paling tepat untuk menghilangkan kutu pada rambut menggunakan minyak kelapa yaitu digunakan sebelum tidur. Waktu tidur merupakan salah satu waktu yang cukup efektif untuk menghilangkan kutu pada kepala. Setelah bangun tidur, Anda bisa membilas rambut Anda dengan bersih menggunakan shampoo. Minyak kelapa juga bisa digunakan sebagai bahan tambahan atau campuran lemon dan cuka apel.

Nah, itulah beberappa hal yang harus Anda ketahui mengenai gejala adanya kutu pada kepala, penyebab serta cara menghilangkan kutu pada rambut secara efektif. Dengan memperhatikan dan mengikuti cara-cara diatas, Anda bisa menghilangkan kutu pada rambut dalam waktu yang cukup singkat. Bahan-bahan yang digunakan juga tidak terlalu sulit untuk ditemukan sehingga budget yang dikeluarkan untuk menghilangkan kutu juga tidak terlalu banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *