Setiap wanita pasti pernah mengalami keputihan, biasanya wanita yang mengalami keputihan adalah wanita yang memiliki umur cukup, mulai dari umur 13 tahun keatas. Keputihan sering dialami oleh wanita menjelang menstruasi dan setelah menstruasi, namun ada juga wanita yang mengalami menstruasi hingga waktu yang cukup lama. Keputihan dibagi menjadi dua, keputihan normal atau biasa yang sering dialami oleh wanita dan keputihan abnormal. Ciri-ciri keputihan normal adalah berbentuk cairan dengan warna bening keputihan, bau tidak menyengat, dan tidak disertai dengan rasa gatal, sedangkan keputihan abnormal adalah keputihan yang harus diwaspadai, biasanya memiliki ciri warna kehijauan, memiliki bau yang tajam dan menyengat, dan gatal. Keputihan saat hamil muda juga sering dikeluhkan oleh banyak wanita, keputihan saat hamil ternyata cukup normal, namun banyak wanita yang merasa khawatir jika keputihan yang keluar lebih banyak dibanding hari biasa.

Penyebab Keputihan Saat Hamil Muda

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan keputihan, diantaranya adalah :

  • ketidakseimbanan hormone

hormone yang tidak seimbang bisa menyebabkan wanita mengalami keputihan, jika keputihan tersebut tidak bau, berwarna dan tidak menimbulkan gatal maka anda tidak perlu khawatir.

  • Rusaknya keseimbangan biologis dan keasaman

munculnya keputihan juga bisa disebabkan oleh keseimbangan biologis dan keasaman atau ph rusak, oleh sebab itu sebaiknya jauhi sabun pewangi, gel atau antiseptic yang berbahaya.

  • menggunakan tisu diarea vital

selanjutnya alangkah baiknya mulai saat ini mengurangi pemakaian tisu pada area vital anda, sebaiknya gunakan air dan meningkatkan kebersihan area vital.

  • gejala munculnya penyakit

penyebab lainnya munculnya keputihan adalah sebagai tanda bahwa didalam organ anda sedang ada masalah seperti penyakit, oleh sebab itu sebaiknya segera periksakan diri anda jika keputihan semakin tidak normal.

  • pemakaian celana dalam yang ketat

keputihan yang berlebihan dan tidak nyaman juga bisa disebabkan oleh pemakaian celana dalam yang ketat, sehingga pastikan anda menggunakan celana dalam yang longgar, sehingga area vital tidak lembab dan menyebabkan bakteri berkembang dengan pesat.

  • penggunaan pantyliner yang kurang tepat

selanjutnya penggunaan pantyliner juga bisa menjadi penyebab keputihan, pantyliner yang tidak sering diganti maka akan menyebabkan area wanita lembab dan tumbuh bakteri banyak, yang bisa menyebabkan keputihan baud an gatal.

  • pola hidup yang tidak sehat

pola hidup yang tidak sehat juga sangat memicu munculnya keputihan yang abnormal, oleh sebab itu pastikan anda hidup dengan pola hidup yang sehat.

  • sering berganti pasangan

seringnya melakukan sex dengan pasangan yang berbeda juga mengacu kesehatan alat reproduksi tidak sehat, ada peluang besar terjangkit penyakit yang bisa menyebabkan keputihan abnormal.

Dan masih banyak lagi penyebab lainnya yang bisa menyebabkan keputihan, untuk anda yang mengalami keputihan saat hamil muda juga memiliki sebab tertentu, saat hamil rahim dan dinding pada vagina lebih lembut dibanding biasanya, sehingga keputihan akan muncul lebih banyak. Selain itu kadar hormone estrogen juga sangat tinggi, hal ini disebabkan oleh peningkatan aliran darah ke area rahim. Sehingga wanita yang mengalami keputihan seperti biasa tidak gatal, berbau dan bewarna maka tidak perlu cemas, anda boleh cemas dan segera periksakan kedokter jika keputihan berubah warna, berbau tajam dan menimbulkan gatal yang panas, hal ini bisa saja terjadi jika mengalami gejala infeksi atau gangguan pada kehamilan.

www.pexels.com

Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil Muda

Untuk mengatasi keputihan saat hamil muda, ada beberapa tips yang bisa anda lakukan, diantaranya adalah :

  • ganti pakaian dalam sesering mungkin

sebaiknya ganti pakaian dalam sesering mungkin, pakaian dalam yang lama tidak diganti akan menyebabkan daerah vital lembab, sehingga banyak bakteri yang muncul. Sebaiknya gunakan pakaian dalam yang menggunakan kain yang nyaman dan mampu menyerap keringat dengan baik.

  • ganti pantyliner sesering mungkin

banyak wanita yang yang sering menggunakan pantyliner agar merasa nyaman jika terjadi keputihan, bagi anda yang menggunakan pantyliner maka sering-seringlah untuk mengganti pantyliner, agar area vital selalu kering dan tidak lembab.

  • jangan gunakan pakaian yang ketat

sebaiknya gunakan pakaian yang tidak ketat, pakaian yang ketat akan menyebabkan keringat yang muncul berlebih diarea tertentu seperti area vital.

  • menjaga kebersihan

bagi anda yang sedang hamil sangat disarankan untuk selalu menjaga kebersihan dengan benar, khususnya area vital. sebelum maupun sesudah menyentuh alat organ pastikan anda mencuci tangan dengan benar. basuh juga organ intim secara benar, untuk mencegah bakteri ganas dari anus, pastikan membasuh dari depan kebelakang, jangan dari belakang kedepan.

  • hindari sabun yang mengandung parfum, antiseptic, dan pewangi

sebaiknya hindari sabun yang mengandung gel, pewangi dan antiseptic, hal ini bisa menyebabkan keseimbangan ph terganggu.

  • pastikan anda periksa kedokter spesialis anda untuk menghindari hal-hal yang terjadi selama proses kehamilan, sehingga kehamilan berjalan dengan lancar.
  • www.pexels.com

Makanan Ibu Hamil Paling Tepat

Agar keputihan saat hamil muda tidak mengganggu, maka sebaiknya ibu hamil juga harus memperhatikan makanan apa saja yang tepat untuk dikonsuumsi. Tidak hanya memperhatikan obat telat bulan saja, namun harus memperhatikan makanan yang mengandung asupan tinggi, untuk lebih lengkapnya berikut ini adalah salah satu menu makanan sehat yang bisa dijadikan sebagai acuan, satu bulan kehamilan adalah masa rawan, sehingga calon ibu harus benar-benar menjaga kesehatan dirinya, konsumsi makanan untuk pertumbuhan awal janin, dan biasanya dimasa tersebut calon ibu akan sering terserang morning sickness. Adapun makanan yang harus dihindari antara lain junk food seperti gorengan, makanan instan, makanan yang mengandung banyak gula, makanan pedas dan berlemak. Makanan yang sebaiknya dikonsumsi adalah buah-buahan, sayuran dan biji-bijian, lemak dan susu yang sehat.

Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat maka keputihan saat hamil muda juga tidak akan muncul, adapun makanan yang sebaiknya dikonsumsi saat masa kehamilan antara lain :

  • salmon

harga salmon memang cukup mahal, namun tidak ada salahnya suami memperhatikan istri dengan sering menyajikan ikan salmon. Didalam ikan ini terkandung omega 3 yang akan membuat pertumbuhan janin semakin kuat.

  • telur

telur kaya akan protein, sangat cocok untuk perkembangan bayi, ditambah telur merupakan sumber besar dari kolin, sehingga membuat fungsi otak pada janin akan lebih baik.

  • sayuran hijau

sayuran juga sangat bagus untuk perkembangan dan pertumbuhan janin, konsumsi sayuran hijau sesering mungkin, contoh sayuran hijau yang bisa dikonsumsi adalag brokoli, bayam, dan lain sebagainya.

  • kacang

kacang mengandung banyak zat yang dibutuhkan janin didalamnya, diantaranya ada asam folat, kallium, protein, zat besi, magnesium, asam lemak dan masih banyak lagi lainnya. selain itu beragam produk susu juga sangat penting untuk pertumbuhan janin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *