Saat ini pengaruh internet untuk kehidupan yang lebih baik dan lebih mudah seakan sudah tidak dapat terbantahkan lagi. Internet sudah merubah cara berkomunikasi manusia secara signifikan mulai dari memesan makanan, berbelanja perabot hingga untuk berbagi bersama orang lain. Sebelum zaman internet, seseorang harus berjalan ke kios lalu membeli koran untuk mengikuti perkembangan berita. Saat ini cukup sekali dua klik sudah bisa melakukannya.

Internet seakan menciutkan jarak sekaligus mempertemukan lebih banyak orang dalam suatu wadah dalam topik spesifik. Internet juga sudah merubah bisnis, pendidikan, pemerintahan, layanan kesehatan hingga cara manusia berinteraksi. Dapat disimpulkan bahwa internet menjadi faktor utama dalam evolusi sosial.

Saat ini, berita perkembangan internet kebanyakan datang dari komunikasi seluler. Internet seluler melalui smartphone dan tablet merupakan revolusi baru yang semakin positif dimana pengguna tak lagi terikat pada satu macam perangkat saja. Dan orang yang tidak sanggup mengikuti revolusi ini, bisa dikatakan akan banyak kehilangan peluang dan kesempatan.

www.pexels.com

Internet dalam  Komunikasi Manusia

Keberadaan media sosial memiliki peranan signifikan dalam cara manusia berkomunikasi di internet. Media sosial memungkinkan seseorang bisa tetap terhubung bersama orang-orang yang berarti. Jejaring sosial juga membuat seseorang dapat berbagi pengalaman serta informasi yang mereka miliki dengan orang lain, mengkomunikasikan ide. Kebutuhan mendasar dari makhluk sosial ini pun terlepas dari ikatan ruang dan waktu konvensional.

www.pexels.com

Pengaruh Internet dalam Bidang Pendidikan

Mungkin Anda juga sepakat bahwa internet juga sudah dimanfaatkan dalam dunia pendidikan. Siapapun bisa menggunakan internet untuk berkreasi dan berbagi pengetahuan. Praktisi dan akademisi juga bisa mengembangkan cara baru dalam kegiatan belajar mengajar. Internet juga ikut membantu menjadikan aktifitas belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan sekaligus menstimulus imajinasi murid tanpa batasan.

Dengan internet, murid juga bisa berinteraksi dengan sesamanya  tanpa batasan jarak dan waktu. Seseorang, baik guru maupun murid bisa mengakses perpustakaan, ensiklopedia, galeri seni, arsip dan sumber informasi lain kapan saja dan dari mana saja melalui jaringan internet. Internet, selain menjadi sumber informasi, juga menjadi media untuk menjalin kerja sama dengan orang lain maupun kelompok lain yang juga tertarik dengan topik yang sama.

www.pexels.com

Pengaruh Internet terhadap Kebudayaan

Beberapa kalangan menganggap bahwa internet dapat merusak budaya. Ada pula yang menyebut bahwa internet hanyalah artifak budaya. Namun nyatanya, bersama perkembangan internet, budaya juga mengalami globalisasi dimana berbagai nilai budaya hingga karya seni dapat dikenal oleh masyarakat di belahan bumi lainnya.

Pengaruh Internet terhadap Hubungan Pribadi

Internet turut mempengaruhi cara manusi berinteraksi bersama keluarga, teman hingga pasangan hidup dimana kini setiap orang terhubung dengan cara yang lebih simpel, mudah diakses dan cepatdari laptop, smartphone dan tablet. Keberadaan internet memang membuat seseorang tetap terhubungan dengan orang yang berarti bagi dirinya.

Meskipun peluang adanya kesalahpahaman karena keterbatasan kontak internet dibanding tatap muka secara langsung, namun mengetahui seseorang selalu online untuk Anda menjadi hal yang menenangkan.

www.pexels.com

Pengaruh Internet terhadap Kegiatan Sosial Politik

Ada berbagai platform di internet yang dapat digunakan sebagai wadah untuk bertukar pikiran, berdebat dan berdiskusi untuk tujuan sosial dan politik.  Platform ini pada umumnya berupa media sosial yang memudahkan setiap pengguna secara sadar dan bertanggung jawab menyuarakan pendapat politik dan berinsiatif untuk berpartisipasi dalam masalah publik. Hal ini menigkatkan kesadaran warga negara dalam bersosial dan berpolitik yang merupakan hal positif.

Trend antara Internet dengan Konsumen

Ada banyak penawaran konten, berita hingga produk rekreasi di internet dimana pihak e-commerce pada akhirnya menjadi jalan distribusi utama dalam hal barang maupun jasa. Kini, seseorang bisa memesan tiket pesawat, membeli kaus dari luar negeri bahkan memesan makanan dari restoran online.

Pengaruh Internet Terhadap Perekonomian

Dapat dikatakan bahwa internet menjadi salah satu faktor kunci yang menunjang pertumbuhan perekonomian di masa sekarang ini. Bahkan dalam kasus ekonomi makro yang pelik, internet tetap bisa menjadi pendorong laju pertumbuhan, meningkatkan produktivitas hingga daya saing.

Keberadaan perusahaan kecil dan menengah dalam paltform e-commerce juga perlu didorong agar peluang pertumbuhan mereka dapat dioptimalkan. Perusahaan dalam skala ini harus bisa mengikuti tren internet global dimana mereka  harus mengintegrasikan bisnis mereka. Dengan demikian, mereka membutuhkan lebih banyak pelatihan terkait teknologi baru bagik dalam bidang akademik maupun bisnis.

www.pexels.com

Keberadaan Internet terhadap Masa Depan Kehidupan Manusia

Kelak, komunikasi sosial dalam kehidupan manusia akan terbentuk dari budaya selalu online dimana saat ini setiap orang sudah selalu tersedia dan siap terhubung. Selain itu, internet juga menjanjikan konektivitas secara total ketika internet sudah bisa dibawa ke mana saja.

Sementara itu, inovasi menjadi daya dorong pertumbuhan serta kemajuan sehingga proses, barang, layanan serta industri dapat dimaksimalkan. Bahkan untuk bisnis yang sudah mapan sekalipun harus bisa merespon kompetitor baru dengan berbagai tindakan.

Saat ini dan kelak, inovasi akan selalu mengiringi perkembangan komunikasi sosial. Hal ini bisa dilihat dari trend masa kini dimana koneksi internet menjadi semakin mobile. Banyak survey yang melaporkan bahwa mayoritas pengguna media sosial menggunakan smartphone untuk mengakses akun mereka dan beraktifitas secara online. Sementara orang yang mengakses internet tidak menggunakan smartphone semakin berkurang dari waktu ke waktu.

Selain itu, sejumlah laporan juga menyebut bahwa keberadaan internet seluler turut merubah pola penggunaan perangkat telepon genggam. Sebelum zaman internet merambah ke perangkat handphone, intensitas penggunaan telepon genggam tidaklah setinggi saat ini. penggunaan smartphone tercatat menghabiskan waktu para pengguna rata-rata sekitar tiga jam dalam sehari. Durasi tersebut diantaranya digunakan untuk chatting, akses media sosial, mendengar musik serta browsing. Sedangkan aktifitas lain seperti berkirim pesan singkat (SMS), menonton film, berkirim email dan melakukan panggilan telepon.

Semakin hari, smartphone semakin populer dalam kehidupan sehari-hari manusia. Bahkan, seiring perkembangannya, semakin banyak hal yang dapat dilakukan oleh smartphone. Dulunya hal-hal tersebut harus dilakuakn menggunakan perangkat dan hal lain seperti MP3 player, jam alarm, kamera dan jam tangan.

Kondisi ini membuat para pengembang dan penyedia layanan berlomba-lomba untuk mendapatkan dan mempertahankan pengguna. Berbagai strategi bisnis lebih difokuskan pada penggunaan perangkat mobile. Pengembang berusaha untuk memberikan integrasi dan kompatibilitas yang lebih baik pada aplikasi desktop maupun halaman web dengan perangkat mobile. Penyedia layanan internet juga berusaha memberikan kualitas jaringan terbaik dengan harga terjangkau dan pilihan paket yang sangat bervariasi.

Di Indonesia, provider besar seperti Telkomsel dengan cakupan dan kualitas jaringan terbaik yang membutuhkan biaya operasional yang tinggi pun harus sanggup bersaing dengan kompetitor lain dengan kualitas jaringan yang masih di bawahnya. Dalam kenyataannya, paket internet Telkomsel pun harus berhadapan dengan penawaran paket internet murah dari provider lain di suatu wilayah.

www.pexels.com

Manfaat Internet Bagi Kehidupan Manusia

Dengan memiliki penguasaan teknologi informasi dan komunikasi yang baik maka siapapun dapat merasakan manfaat dari keberadaan internet. Berikut ini diantaranya;

Menambah Wawasan

Dengan informasi yang jumlahnya mencapai milyaran di internet, seseorang cukup mengetikkan kata kunci tertentu untuk menambah pengetahuannya terkait suatu hal tersebut. Misalnya Anda mengetik nama sebuah band di kolom pencarian, maka akan ditampilkan berbagai informasi meliputi personil, genre, basis fans dan lain sebagainya yang berhubungan dengan band tersebut. Begitu pula dengan pencarian terhadap suatu istilah yang berhubungan dengan pengalaman dan pengetahuan.

Efisiensi

Seperti yang telah dicontohkan di atas, kini seseorang tidak haru pergi ke kios koran lalu membeli harian untuk mengikuti update berita. Seseorang juga tidak harus menunggu jam tayang siaran berita di TV. Cukup dengan masuk ke situs berita dan mengetik update seputar berita tertentu atau langsung memilih berita terkini.

Memudahkan Komunikasi

Jika sebelumnya komunikasi jarak jauh hanya bisa dilakukan menggunakan media surat, kini internet memudahkan proses komunikasi ini melalui keberadaan media sosial.media sosial membantu  banyak orang untuk menjalin komunikasi dengan orang tersayang yang terpisah jarak.

Mendorong Seseorang agar Lebih Mandiri

Ketika seseorang mulai familiar dengan internet, ia akan lebih menguasai bahasa asing dan menjadi lebih mandiri dan bertanggung jawab dalam mencari informasi yang ia butuhkan. Hal ini juga dapat membentuk mental yang menjaganya dari rasa penasaran yang tak terkendali.

Sarana Pendidikan

Internet juga dapat dimanfaatkan sebagai perpustakaan on-line dimana guru dan murid tidak harus bertatap muka secara langsung. Memanfaatkan internet, kegiatan belajar mengajar pun dapat  dilakukan dari jarak jauh.

Sarana Hiburan

Konten hiburan pun juga semakin mudah diakses berkat adanya internet. Bahkan seorang artis dari Amerika Serikat bisa langsung populer di Indonesia tanpa membutuhkan waktu yang lama. Dari internet, seseorang bisa menemukan konten hiburan yang paling sesuai dengan seleranya. Ada banyak layanan streaming musik maupun video yang dapat dinikmati menggunakan sambungan internet.

Bentuk hiburan lainnya juga datang dari game online. game ini memungkinkan para pemain terlibat dalam sebuah skenario permainan lalu berinteraksi satu sama lain di dalamnya bahkan dari lokasi yang berbeda.

Memudahkan Pekerjaan

Karena pada dasarnya internet merupakan bagian dari TIK yang juga bertujuan untuk memudahkan pekerjaan manusia, maka ada banyak tugas yang juga dapat terbantu melalui keberadaan internet ini. Misalnya ketika sebuah perusahaan ingin mengirim dokumen ke perusahaan lain, mereka tidak perlu mengirim kurir ke alamat perusahaan yang dituju. Cukup dengan membuat hasil scan ataupun arsip dokumen lalu mengirimkannya melalui email.

Menjalankan Bisnis

Untuk saat ini, salah satu jenis usaha yang cukup diminati oleh banyak orang adalah bisnis online. usaha ini dapat dikerjakan dari mana saja, kapan saja dengan modal minim atau bahkan tanpa modal sekalipun. Peluang yang dimiliki seseorang pun bisa setara dengan yang lainnya.

Untuk Berbelanja

Trend jual beli online di internet juga semakin marak. Terbukti dengan semakin banyaknya e-commerce dunia yang juga mulai merambah ke Tanah Air. Layanan belanja online ini memungkinkan seseorang untuk membeli barang kebutuhannya tanpa harus datang ke toko penjual. Pembeli membayar ke rekening bersama situs jual beli, pihak ekspedisi mengirim barang pesanan, barang diterima oleh pembeli, maka uang akan diberikan ke penjual jika tidak ada masalah dalam kegiata jual beli tersebut.

Demikianlah beberapa pengaruh dan manfaat nyata dari keberadaan internet bagi kehidupan manusia dalam berbagai aspek dan aktifitas pemenuhan kebutuhan. Sudah menjadi kewajiban bagi generasi masa kini untuk menguasai internet sejak dini dan bukan justru menghidarinya lantaran takut akan adanya segelintir yang tidak pantas. Tentu sangat disayangkan peluang manfaat yang sedemikian luas harus terbuang lantaran hal yang sejatinya dapat dihindari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *