Jika anda pekerja pada bidang permesinan bengkel mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan alat yang satu ini yaitu kompresor angin. Di mana alat ini biasanya banyak digunakan untuk pompa ban pada kendaraan roda dua ataupun kendaraan lainnya. Ada juga pabrik-pabrik besar yang sering menggunakan kompresor angin ini untuk bisa menyalakan mesin dengan menggunakan sistem hidrolik.

Banyak jenis dan tipe pada mesin kompresor angin namun anda harus bisa memperhatikan beberapa hal pada saat memilih kompresor angin yang baik dan bisa berfungsi sesuai dengan kebutuhan anda. Bahkan harga kompresor sangat bervariasi sesuai dengan spesifikasi yang terdapat pada kompresor tersebut. Pastinya Jika anda ingin membeli kompresor angin bisa berguna untuk anda yang bisa digunakan waktu yang lama dan kinerja mesin kompresor angin tersebut bisa maksimal.

www.pexels.com

Memilih harga kompresor yang berkualitas

Mungkin anda ingin mencari harga kompresor yang murah namun memiliki kualitas yang terbaik ada mesinnya. Berikut beberapa tips yang bisa anda gunakan pada saat anda memilih alat kompresor angin yang memiliki kualitas terbaik.

  • Memilih dengan mempertimbangkan merek : ini merupakan salah satu hal yang penting untuk anda pertimbangkan pada saat anda ingin membeli suatu benda dengan melihat merk dari barang yang akan dibeli. Sehingga jika anda ingin membeli kompresor anda harus bisa memilih dan mempertimbangkan merek dari kompresor angin tersebut. Merek biasanya akan mempengaruhi harga kompresor tersebut. Anda juga harus ketahui bahwa tidak semua merk dari kompresor angin yang bisa anda dapatkan di toko mesin memiliki kinerja yang sama. Hanya beberapa merek tertentu saja yang memiliki fungsi dengan pemakaian yang dapat yang dapat memberikan hasil yang terbaik pada saat penggunaan alat kompresor jadi hal ini harus bisa anda pertimbangkan sebagai suatu pilihan anda. Sehingga dengan adanya hal tersebut sangat disarankan jika anda memilih kompresor angin dengan merek yang sudah membuktikan kelayakan dan kegunaan pada kompresor angin tersebut. Dengan anda memilih kompresor yang memiliki kualitas terbaik pastinya kompresor tersebut akan memberikan kinerja dengan kinerja dengan yang maksimal sesuai dengan keinginan anda dan penggunaannya pun bisa untuk jangka waktu yang lama.
  • Memilih dengan mempertimbangkan modal yang anda miliki : ini juga merupakan hal yang sangat penting untuk anda pertimbangkan pada saat anda ingin membeli kompresor angin dengan melihat berapa banyak modal yang anda miliki pada saat ingin membeli. Sehingga anda bisa tetap mendapatkan kualitas terbaik pada kompresor angin tersebut yang sesuai dengan dana yang anda miliki. Untuk menentukan harga kompresor angin biasanya berdasarkan merk, besarnya kecil volume tabung dan tingginya tenaga volume angin yang bisa mencapai takaran sekian bar. Jadi jika semakin besar volume tabung dan tenaga dorongan angin pada kompresor angin tersebut pastinya akan semakin mahal.
  • Memilih dengan meilhat spesifikasi mesin : dengan anda melihat spesifik mesin dari kompresor angin tersebut juga sangat penting untuk anda perhatikan. Karena kompresor angin yang memiliki kualitas terbaik biasanya dilihat berdasarkan volume tabung yang dimiliki kompresor tersebut dan daya tekanan pada mesinnya. Seandainya jika anda membutuhkan kompresor angin yang bertujuan untuk menyalakan mesin di mana kompresor tersebut memiliki sistem hidrolik sangat disarankan anda bisa memilih kompresor angin yang memiliki tenaga dorong dan volume tabung yang kuat dan besar. Jika anda hanya ingin membeli kompresor angin bertujuan hanya digunakan sebagai pemompa ban baiknya anda bisa menggunakan kompresor angin yang memiliki spesifikasi yang standar.
  • Memilih dengan melihat garansi mesin kompresor angin tersebut : ini juga merupakan hal yang perlu anda perhatikan dalam memilih dan membeli kompresor angin dengan melihat jangka waktu garansi pada mesin kompresor angin tersebut. Sebaiknya anda bisa memilih kompresor angin yang memiliki garansi 2 sampai 3 tahun pemakaian karena jika kompresor angin tersebut hanya memiliki garansi 1 tahun akan berisiko karena anda pastinya tidak dapat menilai kekuatan pada kompresor tersebut dalam jangka waktu 1 tahun. Sehingga anda harus memilih kompresor angin yang memiliki jangka waktu garansi lebih dari 1 tahun.
  • Memilih dengan melihat baru atau bekas kompresor angin tersebut : anda juga bisa memilih dan membeli kompresor angin yang sudah bekas namun anda harus bisa perhatikan bahwa kompresor angin tersebut bisa memenuhi tiga syarat seperti pada sisi penampilan kompresor angin masih terlihat yang memiliki kualitas yang bisa dipercaya, kedua anda harus bisa melihat dari sisi tenaga Apakah kompresor tersebut masih memiliki kinerja yang bagus atau tidak, dan syarat yang ketiga yaitu tujuan pemakaian anda di mana jika anda ingin membeli kompresor angin bekas jangan pernah anda menggunakan alat kompresor ini untuk peralatan utama di dalam pekerjaan anda. Seperti jika anda ingin membeli kompresor angin yang bekas mungkin hanya bisa anda gunakan untuk pompa ban pada bengkel anda namun jika anda membeli kompresor angin yang bekas untuk digunakan sebagai mesin hidrolik sangatlah kurang tepat. Jadi Jika anda ingin menggunakan sebagai mesin kompresor angin untuk menyalakan mesin hidrolik sebaiknya anda bisa membeli yang baru dan yang memiliki garansi jangka waktu yang lama.
www.pexels.com

Jenis dan macam mesin kompresor angin

Kompresor angin adalah salah satu alat yang bekerja dengan cara menempatkan udara ataupun gas. Jadi pengertian secara umum dari kompresor yaitu bisa berfungsi untuk menghisap udara yang terdapat campuran dari beberapa gas seperti oksigen, uap air, argon, nitrogen, minyak dan berbagai gas lainnya. Yang di mana diketahui bahwa fungsi dari kompresor angin bisa untuk menaikkan tekanan gas atau udara yang ada di dalam sebuah ruangan. Cara kerja tekanan gas atau udara tersebut dengan mengurangi tekanan pada saat anda ingin mengurangi volume yang ada maka tekanan pada kompresor tersebut akan naik dan sebaliknya jika anda menaikkan volume tersebut maka tekanan kompresor tersebut juga akan menurun.

Memang pada saat ini banyak tipe dan model mesin kompresor angin yang sering membuat seseorang sulit untuk menentukan pilihannya. Bahkan harga kompresor pun sangat bervariasi. Namun yang harus anda ketahui bahwa kompresor angin memiliki dua jenis yaitu kompresor piston dan kompresor srew. berikut penjelasan tentang perbedaan jenis kompresor angin tersebut yaitu :

  • Kompresor piston : kompresor angin piston biasanya menggunakan satu ataupun lebih piston. Di mana piston ini akan berfungsi bergerak ke atas dan ke bawah untuk bisa mengompresi udara. Yang di mana kompresor piston ini memiliki dua katup yang bisa berfungsi untuk mengatur udara dan dengan adanya katup ini bisa sangat berfungsi untuk menekan udara agar tidak keluar pada saat piston bekerja. Pada umumnya kompresor angin yang berjenis piston hanya tersedia dalam ukuran kecil dan sedang saja. Jika anda ingin menggunakan pada pekerjaan yang besar sangat tidak cocok jika anda memiliki kompresor jenis piston ini.
  • Kompresor angin oil free : ini merupakan jenis kompresor angin yang di mana terdapat kemampuan khusus seperti bisa menyaring udara yang memiliki oil agar dapat menghasilkan udara yang bersih dan terbebas dari oil. Namun anda harus ketahui bahwa untuk jenis kompresor angin ini memiliki biaya yang sangat besar dibandingkan jenis kompresor angin biasanya. tetapi sebenarnya kompresor angin ini memiliki kerja yang maksimal untuk bisa menghasilkan udara yang bersih sehingga udara akan terbebas dari sisa oil yang ada.

Dengan ini anda sudah bisa mempertimbangkan bagaimana anda membeli kompresor angin yang sesuai dengan keinginan anda. Pastinya anda ingin mendapatkan harga kompresor yang termurah namun memiliki kualitas yang terbaik. Jadi hal yang sudah dijelaskan di atas bisa menjadikan hal tersebut sebagai pertimbangan anda pada saat anda ingin membeli kompresor angin.

Penjelasan di atas juga menerangkan bahwa ada beberapa kelemahan dan kelebihan dari masing-masing kompresor angin tersebut. Jadi dengan anda mengetahui hal-hal yang sudah dijelaskan anda tidak akan lagi kesulitan dalam menentukan pilihan jenis kompresor angin yang pastinya memiliki harga kompresor yang memiliki kualitas terbaik yang bisa anda gunakan sebagai alat mesin bengkel apapun mesin pembantu untuk bisa menyalakan mesin hidrolik yang ada di pabrik.

www.pexels.com

Selain itu pada pedingin udara pada mobil juga terdapat jual kompresor AC yang di mana berfungsi untuk bisa mengisap freon yang ada pada tekanan rendah dan mendistribusikannya ke kondensor pada tekanan dan suhu yang tinggi. Di mana secara umumnya fungsi ini bisa mengepres suhu dan tekanan refrigerant yang akan disalurkan ke kondensor.

Yang di mana kompresor pada mobil bekerja dengan mengikuti sistem pergerakan mesin mobil tersebut. Sehingga cara kerjanya seperti mengisap refrigerant yang akan disalurkan melalui pipa low dari evaporator kemudian dengan menekan gas refrigerant yang akan menuju kompresor AC mobil melalui pipa high pressure.

Fungsi pada kompresor sebenarnya sama seperti fungsi jantung pada tubuh manusia dan refrigerant sebagai darahnya. Di mana kompresor tersebut terdapat dua saluran yaitu saluran hisap yang biasa disebut dengan suction dan saluran pembuang yang juga sering disebut dengan discharge. Saluran hisap ini nantinya akan dihubungkan dengan evaporator dan yang memiliki sisi bertekanan rendah. sedangkan pada saluran buang akan dihubungkan dengan kondensor dan memiliki sisi yang bertekanan dan bersuhu lebih tinggi.

Anda juga harus bisa merawat kompresor angin yang sudah anda beli pada nantinya  bisa untuk memaksimalkan kinerja pada kompresor angin tersebut. Bahkan jika anda merawat kompresor angin tersebut dengan sangat baik pastinya kompresor angin tersebut bisa digunakan dengan jangka waktu yang lama. Anda juga bisa menggunakan jasa perawatan kompresor angin yang bisa anda cari melalui Google agar anda mendapatkan tempat jasa tersebut yang dekat dengan lokasi anda.

Apalagi pada saat ini tempat jasa perawatan kompresor angin sudah banyak anda temui bahkan ada juga jasa online yang bisa melakukan perawatan kompresor angin yang di mana montir akan mendatangi tempat anda untuk melakukan perawatan ataupun perbaikan pada kompresor angin yang anda miliki. Sehingga dengan hal tersebut sangat meminimalkan waktu anda agar anda tidak kesulitan mencari-cari tempat jasa perawatan kompresor angin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *