Bulan rajab merupakan bulan yang memiliki banyak sekali keistimewaan. Bulan yang merupakan dalam urutan ke 7 urutan bulan dalam islam ini merupakan salah satu bulan yang memiliki keutamaan. Dilihat dari artinya jika bulan rajab ini memiliki arti terhormat. Memang untuk keistimewaan tidak sama dengan bulan ramadhan akan tetapi bulan ini juga sebagai bulan yang bisa dilakukan oleh para umat islam sebagai bulan untuk penebus dosa-dosa dan juga bulan untuk mengumpulkan pahala. Berikut ini keistimewaan bulan rajab yang musti anda ketahui.

Keistimewaan Bulan Rajab Yang Wajib Dipahami

  1. Bulan banyak pahala

Memang manusia tercipta tak pernah jauh dari apa yang namanya dosa, setiap manusia meski sedikit atau banyak ia bakal mempunyai yang namanya dosa kecuali Nabi Muhammad SAW. Namun Allah maha pengampun lagi maha penyayang sehingga dosa-dosa manusia yang memohon ampun kepada-Nya bakal diampuni. Namun waktu Allah yang paling murah saat memberikan ampun yaitu pada bulan-bulan tertentu. Salah satunya bulan rajab ini, selain diampuni oleh Allah anda juga akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda saat melakukan kebaikan-kebaikan dan juga ibadah.

ww.pexels.com
  1. Bulan isra’ mi’raj

Bulan ini merupakan bulan isra’ mi’rajnya Nabi Muhammad SAW. Yaitu pada tanggal 27 Rajab. Bulan ini pula merupakan bulan ketika Nabi Muhammad SAW mendapatkan wahyu untuk menunaikan sholat 5 waktu dalam sehari.

  1. Bulan penyambut ramadhan

Bulan ramadhan merupakan bulan yang dirindukan oleh kaum muslimin dan muslimah. Sedangkan bulan rajab yang berada pada 2 bulan sebelum ramadhan tiba ini merupakan bulan yang menjadi penyambut ramadhan tiba.

Sedangkan pada bulan rajab ini juga memiliki amalan khusus yang musti anda lakukan agar mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Berikut ini amalan pada bulan rajab yang musti anda amalkan dan lakukan.

ww.pexels.com

Amalan-amalan bulan rajab

  1. Perbanyak istighfar

Memang pada bulan ini Allah menjadi maha pemurah untuk memberikan ampunan pada hamba-Nya untuk itu anda jangan bosan-bosan beristighfar memohon ampunan kepada Allah atas dosa-dosa yang telah kau lakukan sebelumnya. Dengan membaca syayyidul istighfar yang bisa anda lakukan pada setiap sehabis sholat ataupun saat senggang.

  1. Puasa

Pada bulan ini pula yang merupakan bulan dilipat gandakan pahala umat islam, maka anda bisa berpuasa sunnah atau menyahur hutang puasa saat bulan ramadhan. Jika anda berpuasa pada tanggal 1 bulan rajab maka Allah akan menghapuskan dosa anda selama 3 tahun,  jika anda berpuasa pada tanggal 2 bulan rajab maka Allah akan menghapus dosa anda selama 2 tahun.

ww.pexels.com
  1. Banyaklah berdoa

Dengan perbanyak berdoa maka Allah yang maha pengasih bakal mengabulkan doa anda ketika anda bersungguh-sungguh saat berdoa. Untuk itu jangan bosan untuk berdoa dan meminta kepada Allah untuk kebaikan-kebaikanmu baik di dunia maupun di akhirat. Anda bisa melakukan doa pada pagi hari dan sore hari. Jangan lupa pula untuk sholat tahajud, pada saat ini anda bisa melafadzkan doa sholat tahajud dengan khusu’ agar doa-doa anda terkabul.

Demikian ulasan mengenai keistimewaan dan amalan pada bulan rajab. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Anda bisa mempraktekkan pada saat bulan rajab tiba nantinya. Agar pahala mengalir kepada anda, dosa-dosa yang telah diperbuat pun akan terhapus dan bersih seperti terlahir kembali. Jangan lupa ketika berdoa dan melakukannya dengan ikhlas dan berniat untuk mendapatkan ridha Allah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *