Menikah merupakan salah satu kewajiban yang harus dijalankan bagi anda yang sudah baligh dan memiliki kemampuan. Tentu bagi anda yang sudah menjalin hubungam yang cukup lama ingin meningkatkan hubungan anda agar menjadi lebih serius dan diakui baik dari segi agama maupun hukum. Namun untuk mempersiapkan pernikahan bukanlah hal yang mudah. Anda haruslah mempersiapkan materi maupun metal. Setelah anda mempersiapkan semuanya tentu anda juga harus mempersiapkan dokumen dokumen yang dibutuhkan. Ketika dokumen sudah lengkap maka anda bisa langsung mendaftarkan pernikahan anda di KUA. Ketika proses pendaftaran telah lengkap maka anda haruslah mendapatkan bimbingan dari KUA sebelum menikah. Namun beberapa pasangan tentu akan bertanya tanya mengapa penting bimbingan di KUA harus dilakukan. Pasalnya bimbingan dari KUA dilakukan guna dapat meminimalisasi jumlah perceraian. Apalagi perceraian yang masa pernikahannya masih dibawah lima tahun. Karena resiko dari perceraian tersebut mungkin bisa berakibat fatal maka sebaiknya angka perceraian bisa dapat dikurangi. Untuk itu pemerintah mengadakan bimbingan tersebut.

www.pexels.com

Kegiatan ini biasanya diselenggarakan pada saat pra nikah. Sehingga mengedukasi kepada calon pengantin agar lebih mengetahui tentang hak dan kewajiban sebagai suami maupun istri. Selain itu bimbingan tersebut juga diharapkan bisa memberikan pengarahan kepada para calon pengantin tentang bagaimana cara membangun rumah tangga yang baik. Jika didalam rumah tangga terdapat masalah bagaimana cara penyelesaian terbaiknya. Sampai simulasi akad nikah juga akan disaksikan oleh para peserta bimbingan. Wejangan wejangan juga diberikan oleh pihak KUA kepada calon pengantin yang dimaksudkan bisa berbagi ilmu dan pengalaman. Sehingga para calon pengantin dapat lebih bijaksana dan dewasa dalam menanggapi masalah yang mungkin terjadi dalam pernikahan. Hal tersebut juga dimaksudkan agar para calon pengantin dapat bertahan dalam pernikahan dan mengurangi angka perceraian. Terkadang karena keegoisan masing masing orang membuat hubungan menjadi sulit. Namun untuk bersikap dewasa pun akan sangat sulit apalagi bagi anda yang menikah dalam usia yang cukup muda. Untuk itu sangatlah penting bagi anda untuk mengendalikan diri masing masing. Karena ketika anda menikah maka bukan lagi hanya kepentingan anda namun kepentingan seluruh keluarga. Untuk itu sebaiknya anda memikirkan hal yang terbaik sebelum bertindak. Anda juga sebaiknya menyadari peran penting dari masing masing individu entah dari suami atau istri. Karena rumah tangga dibangun bersama untuk kepentingan bersama. Sehingga kedua belah pihak memiliki kewajiban yang sama untuk menciptakan rumah tangga yang baik.

www.pexels.com

Kurangnya pengetahuan calon pengantin akan bimbingan ini membuat masih sedikit dari calon pengantin yang datang dalam bimbingan. Padahal mengikuti bimbingan pra nikah merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan buku nikah dan bisa dibilang wajib untuk dilakukan. Pada saat pendaftaran pernikahan pihak KUA akan menyampaikan ada calon pengantin mengenai tempat dan waktunya diselenggarakan bimbingan pra nikah. Namun pihak KUA tidak memberitahukan jika hal tersebut adalah wajib. Sehingga banyak dari calon pengantin mengabaikan dan menganggap bimbingan pra nikah bukanlah sesuatu hal penting. Banyak sekali calon pengantin yang beralasan bekerja dan tidak ada waktu itu menghadiri bimbingan pra nikah. Padahal bimbingan tersebut bisa membantu anda untuk mengawali kehidupan berumah tangga. Memang biasanya bimbingan pra nikah ini diadakan pada jam kerja selama kurun waktu 1-2 hari, sehingga banyak yang mengabaikannya. Namun sekarang KUA sudah lebih tegas apabila calon pengantin tidak mengikuti bimbingan maka buku nikah akan ditahan. Sehingga para calon pengantin harus mencari waktu yang tepat untuk bisa menghadiri bimbingan pra nikah jika ingin acara pernikahannya berjalan lancar. Tentu akan sangat repot jika dokumen pernikahan anda dipersulit. Jika anda sudah terlanjut tidak menghadiri bimbingan dan buku nikah sudah ditahan maka anda janganlah perlu khawatir. Karena anda bisa tetap mengambilnya kembali dengan cara tetap mengikuti bimbingan pra nikah. Meskipun anda sudah menikah namun untuk mengambil kembali buku nikah anda haruslah mengikuti bimbingan. Karena kembali lagi ke tujuan pentingnya bimbingan adalah untuk meminimalisasi tingkat perceraian. Tidak akan ada ruginya jika anda mengikutinya. Justru anda bisa mendapatkan masukkan masukkan yang baik untuk dapat menjadi suami ataupun istri yang baik.

www.pexels.com

Contoh kombinasi baju pengantin muslim

Konsep baju pengantin yang akan dikenakan tentu akan menjadi pusat perhatian dari sebuah pesta. Tentunya ketika para hadirin datang mereka akan memperhatikan baju dari mempelai yang menikah. Untuk itu untuk pemilihan baju pengantin anda haruslah selektif dan berhati hati. Agar anda terlihat menarik dalam pesta pernikahan anda sebaiknya anda mempersiapkan diri dengan baik. Selain terlihat bugar anda juga harus terlihat menawan. Di zaman sekarang ini baju pengantin muslim sedang trendi dan marak di sukai oleh para calon pengantin. Desainnya yang menarik dan tetap menampakkan unsur religiusnya maka banyak diminati. Dengan meningkatnya keinginan para calon pasangan pengantin akan baju pengantin muslim maka para produsen pun semakin banyak yang berlomba untuk menciptakan ide kreatif yang dituangkan dalam balutan baju pengantin muslim. Ada berbagai konsep yang bisa anda gunakan seperti konsep kuno, kerajaan ataupun baju khas adat dari sebuah daerah yang dipadupadankan dengan baju pengantin muslim. Hal tersebut dilakukan agar anda bisa mendapatkan baju pengantin muslim yang elegan namun tidak meninggalkan nilai nilai agama seperti menutup aura. Untuk itu disini akan dibahas mengenai beberapa contoh kombinasi baju pengantin muslim yang bisa menjadi acuan bagi anda

  1. Model baju pengantin muslim Sebuah baju pengantin yang terlihat agak kuno biasanya merupakan salah satu khas dari sebuah daerah yang merupakan ciri khas. Biasanya para pasangan yang memilih baju pengantin jenis ini ingin menonjolkan adat dan budaya dari daerah kelahirannya. Karena masih ada beberapa keluarga yang menjunjung tinggi budaya dan harus menyelenggarakan pesta dengan tema adat istiadat. Namun yang utama baju pengantin muslim haruslah menutup aurat dari para mempelai. Pemilihan bahan yang akan digunakan juga harus sesuai dengan dekorasi yang akan anda pilih nanti.
  2. Model baju pengantin muslim Di zaman modern seperti sekarang ini ada beberapa masyarakat yang berpikir bahwa konsep adat terlalu kuno untuk diterapkan. Sehingga demikian banyak pasangan yang lebih memilih menggunakan konsep modern. Dimana konsep ini dianggap lebih simple dan mudah untuk diterapkan. Selain bisa masuk dalam unsur apapun, konsep modern bisa lebih mudah dipahami oleh para tamu yang memiliki beranekaragam suku budaya. Biasanya model baju jenis ini akan menggunakan konsep baju pengantin muslim dengan warna putih yang elegan.
www.pexels.com

Itulah beberapa konsep baju pengantin muslim yang bisa anda pilih sesuai dengan selera dan keinginan anda. Tidak masalah jika anda ingin menggunakan konsep yang mana. Namun yang utama adalah dalam memilih baju pengantin muslim haruslah menutup aurat dari pasangan pengantin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *